Pages

Minggu, 20 Juni 2010

Petunjuk Penerapan Inovasi di Sekolah

Petunjuk penerapan inovasi pada suatu sekolah, sebagai berikut:
1.Buatlah rumusan yang jelas tentang inovasi yang akan diterapkan
2.Gunakan metode atau cara yang member kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam usaha merubah pribadi maupun sekolah
3.Gunakan berbagai macam alternative pilihan (option) untuk mempermudah penerapan inovasi
4.Gunakan data atau informasi yang sudah ada untuk bahan pertimbangan dalam menyusun perencanaan dan penerapan inovasi
5.Gunakan tambahan data untuk mempermudah fasilitas terjadinya penerapan inovasi
6.Gunakan kemanfaatan dari pengalaman sekolah atau lembaga yang lain
7.Berbuiatlah secara positif untuk mendapatkan kepercayaan
8.Menerima tanggung jawab pribadi
9.Usahakan adanaya pengorganisasian kegiatan yang memungkinkan terjadinya kjepemimpinan yang efektif
10.Mencari jawaban atas beberapa pertanyaan dasar tentang inovasi di sekolah

macam-macam strategi inovasi

Empat macam strategi inovasi
1.Strategi Fasilitatif ialah untuk mencapai tujuan perubahan social yang telah ditentukan, diutamakan penyediaan fasilitas dengan amaksud agar program perubahan social akan berjalan dengan mudah dan lancer.
2.Strategi Pendidikan ialah untuk mengadakan perubahan social dengan cara menyampaikan fakta denagan maksud orang akana menggunakan fakta atau informasi itu untu menentukan tindakan yang akan dilakukan.
3.Strategi Bujukan ialah untu mencapai tujuan perubahan social dengan cara membujuk (merayu) agar sasaran perubahan (klien), mau mengikuti perubahan social yang direncanakan.
4.Strategi Paksaan ialah dengan cara memaksa klien (sasaran Perubahan) untuk mencapai tujuan perubahan.

karakteristik inovasi pendidikan

Karakteristik inovasi pendidikan
Menurut Everett M. Rogers (1993:14-16), mengemukakan karakteristik inovasi yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya penerimaan inovasi, sebagai berikut:
1.Keuntungan relative, yaitu sejauh mana inovasi dianggap menguntungkan bagi penerimanya.
2.Kompatibel (compability), ialah tingkat kesesuaian inovasi dengan nilai (value), pengalaman lalu, dan kebutuhan dari penerima.
3.Kompleksitas (complexity), ialah tingkat kesukaran untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerima.
4.Triabilitas (triability), ialah dapat dicoba atau tidaknya suatu inovasi oleh penerima.
5.Dapat diamati (observability), ialaha mudah tidaknya diamati suatu hasil inovasi.

Pengertian Discovery, Invention dan inovation

Discovery adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, tetapi belum diketahui orang.

Invention adalah suatu penemuan sesuatu yang benar-benar baru, artinya hasil kreasi manusia. Benda atau hal yang ditemui itu benar-benar sebelumnya belum ada, kemudian diadakan dengan hasil kreasi baru.

Innovation adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun discovery.